Info Sekolah
Jumat, 18 Apr 1597
2 Oktober 2023

BLOG GURU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Sen, 2 Oktober 2023 Dibaca 80x

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah (PP Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru). Kompetensi yang harus dimiliki guru meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi professional. Salah satu poin dalam kompetensi pedagogik adalah “kemampuan memanfaatkan teknologi pembelajaran”. Sedangkan dalam kompetensi sosial salah satu poinnya adalah “guru diharapkan mampu menggunakan teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional”.

Dengan merujuk pada regulasi tersebut, tentunya tidak berlebihan jika dikatakan bahwa guru memang dituntut untuk bisa memanfaatkan teknologi informasi, dalam hal ini internet, dalam pembelajaran. Dengan mempergunakan internet sebagai media pembelajaran, maka guru dan siswa dituntut menjadi lebih kreatif dalam mencerna materi dan mengolah pembelajaran.

Salah satu media yang mengunakan teknologi informasi yaitu blog. Blog adalah sebuah halaman web yang berisi tulisan pribadi atau kelompok yang diurutkan berdasarkan kronologis waktu dan memungkinkan pengunjungnya untuk memberikan komentar. Blog dapat dimanfaatkan sebagai hypermedia pembelajaran sebagai upaya untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran.

Berkaitan dengan hal tersebut, artikel ini dibuat dengan harapan dapat dijadikan sebagai panduan bagi guru dan tenaga kependidikan untuk membuat dan memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran

Pemilihan Media Pembelajaran

Langkah awal dalam penentuan sebuah media pembelajaran adalah melakukan analisis kebutuhan media. Guru dapat melakukan identifikasi dan membuat daftar kebutuhan berdasarkan kompetensi dasar yang ingin dicapai. Kebutuhan akan sebuah media pembelajaran juga bisa lahir dari RPP yang sudah dibuat guru sebagai perencanaan proses pembelajaran.

Penggunaan Blog dalam Pembelajaran

Sebelum lebih jauh memanfaatkan blog, ada baiknya jika kita mengenal lebih dulu apa itu blog. Blog  adalah sebuah website yang ditulis sesuai dengan kronologi waktu, lalu ditampilkan secara terbalik dari kronologi penulisan (maksudnya tulisan yang lebih baru akan muncul di atas tulisan yang lebih lama). Isi blog tidak harus berupa tulisan, tapi juga bisa gambar dan/atau video. Selain itu, di setiap blog biasanya juga terdapat fasilitas komentar yang memungkinkan terjadinya komunikasi, diskusi, atau bahkan debat antara pengunjung blog dengan pemilik blog atau antar pengunjung blog itu sendiri tentang tulisan yang ada di blog tersebut.

Di dalam blog terdapat fitur-fitur yang dapat mendukung kegiatan penggunanya. Kita akan membahas lebih lanjut fitur-fitur tersebut dalam pembahasan selanjutnya tentang cara pembuatan dan pemanfaatan blog.

1.     Cara membuat blog untuk guru

Panduan ini akan memandu pembuatan blog guru dengan menggunakan engine blogger (http://blogger.com), di mana untuk mengaksesnya dipersyaratkan seseorang harus memiliki akun (account) email aktif di Google (gmail.com). Langkah-langkah pembuatan blog dengan menggunakan engine blooger adalah sebagai berikut:

a.     Buka laman http://blogger.com

Klik “Create Your Blog”

b.     Login dengan menggunakan akun google anda

c.      Buat profil yang akan ditampilkan di blog anda, bisa dengan menggunakan profil pada akun google, bisa juga dengan membuat profil terbatas.

d.     Selanjutnya klik tombol “Buat Blog Baru” untuk mulai membuat blog anda

Jika langkah ini sudah selesai, maka anda sudah memiliki blog baru. Selanjutnya adalah menghias dan mengelolanya.

2.     Cara mengelola menu blog guru

a.     Mendesain template

–        Untuk mengatur background tampilan blog, pilih salah satu template/tema yang ada kemudian klik “Sesuaikan”

–        Tab menu Latar Belakang memungkinkan kita untuk memilih gambar latar belakang sesuai selera. Pilih gambar latar yang diinginkan. kemudian klik “Selesai”

–        Pilihan tab menu Tata Letak mengatur tata letak isi dan tata letak kaki (header) sesuai kebutuhan.

–        Pada tab menu Lanjutankita dapat mengatur font (bentuk huruf), warna tulisan, ukuran huruf pada judul blog, deskripsi, sampai judul postingan.

Setelah semuanya selesai klik “Terapkan ke Blog”

3.     Mengelola blog sebagai media pembelajaran

Setelah blog siap, selanjutnya adalah mengisi blog tersebut dengan materi pelajaran, baik berupa artikel, gambar, video dan lain-lain kemudian mempublikasikannya. Cara mengisi dan mempublikasikan materi adalah sbb:

·       Login di blogger.com menggunakan akun google anda, klik tombol Entri Baru

·       Tuliskan judul postingan, isi postingan, beri label/ kategori postingan.  Klik Publikasikan

·       Untuk mengunggah gambar, klik ikon Insert Image

Setelah gambar berhasil diunggah, kita dapat mengatur ukurannya dengan memilih menu yang ada di bawah gambar dan mengatur tata letaknya untuk memperindah tampilan.

·       Kita juga bisa mengunggah video ke dalam blog, baik itu video yang ada dalam komputer dalam bentuk file maupun video dari youtube.

Siapkan link youtube, klik entri baru, tulis judul postingan, kemudian klik ikon insert a video. Pada jendela Add a video, klik From Youtube, tempelkan link yang sudah disalin, klik video yang tampil, klik tombol pilih.

Sedangkan jika video tersebut berasal dari file pada computer kita, kita tinggal memilih Upload, kemudian pilih video yang akan dimasukkan dari penyimpanan file, setelah video terunggah, klik Pilih.

·       Untuk tampilan yang lebih bagus, sebuah artikel dapat dipenggal. Pemenggalan ini menyebabkan sebuah artikel tidak tampak seluruhnya melainkan hanya bagian awalnya saja. Cara memenggal paragraf adalah dengan mengklik Insert Jump.

·       Kita juga dapat menghubungkan blog kita dengan laman lain di internet dengan cara membuat link pada postingan kita. Caranya: blok teks yang akan dilink, kemudian klik ikon bertuliskan Link. Setelah itu temple alamat link yang diinginkan.

·       Pada blogger.com juga terdapat fitur Gadget. Pengertian gadget pada blogger.com adalah adalah kumpulan elemen atau fitur yang disediakan dengan tujuan untuk mempercantik blog dan memudahkan pengunjung memahami isi blog kita.

Untuk menambahkan gadget klik menu Tata Letak kemudian pilih Tambahkan Gadget. Pilih gadget sesuai kebutuhan, kemudian klik tombol Simpan.

4.     Menyisipkan soal online ke dalam blog

Jika blog sudah siap dan sudah dipercantik, selanjutnya adalah mengisi blog dengan materi pelajaran. Guru dapat mengisinya dengan materi-materi yang ada dalam RPP yang tentu saja tidak ketinggalan soal-soal evaluasi.

Untuk soal evaluasi siswa, kita dapat mengisinya dengan soal online dari Google Form sehingga siswa dapat mengisi langsung dan kita dapat memeriksa hasilnya. Dengan demikian guru dapat mengetahui perkembangan pengetahuan siswa berdasarkan hasil pembelajarannya.

Soal dari Google Form yang sudah siap dimasukkan ke dalam blog dengan jalan memasukkan link-nya.

Pengendalian

Setelah mampu membuat blog sendiri kemudian mengisinya dengan materi pelajaran, maka guru tidak bisa berhenti dan cepat puas dengan satu materi saja. Blog akan semakin menarik jika kita rajin meng-update informasi yang ada di dalamnya. Siswa juga tidak akan membuka konten negative jika kita memperbanyak konten-konten positif di internet. Menjadikan blog sebagai media pembelajaran yang bisa diakses siswa adalah salah satu upaya mengarahkan siswa untuk menggunakan internet/teknologi dengan benar.

Pengendalian blog dapat dilakukan dengan membuat jadwal pengendalian blog berupa jadwal update materi baru, jadwal kunjungan siswa, jadwal pengerjaan soal-soal evaluasi bagi siswa dan lain sebagainya. Contoh jadwal pengendalian:

Contoh table pengendalian media blog

KegiatanPekan ke-
Juli 2022Agustus 2022
IIIIIIIVIIIIIIIV
Memasukkan Materi (sesuikan dengan KD)        
Kunjungan siswa di blog        
Diskusi siswa di ruang kelas tentang materi yang sudah dipelajari di blog        
Memasukkan soal evaluasi sesuai dengan KD yang telah dipelajari        
Kunjungan siswa untuk mengerjakan soal evaluasi        
Memasukkan Materi (sesuikan dengan KD)        
Kunjungan siswa di blog        
Diskusi siswa di ruang kelas tentang materi yang sudah dipelajari di blog        
Memasukkan soal evaluasi sesuai dengan KD yang telah dipelajari        
Kunjungan siswa untuk mengerjakan soal evaluasi        

Didalam blog, siswa dan guru juga dapat berinteraksi. Siswa dapat memasukkan pertanyaan di kolom komentar dan guru bisa langsung menjawabnya. Jadwal dibutuhkan agar supaya interaksi guru dan siswa bisa berlangsung pada waktu bersamaan sehingga siswa tidak perlu terlalu lama menunggu respon dari pertanyaan yang mereka ajukan. Demikian juga dengan soal evaluasi, sebaiknya ada waktu pemasukan tanggapan sehingga pelaksanaan evaluasipun berlangsung efektif.

Setelah mempelajari dan mempraktikkan sendiri pembuatan dan pemanfaatan blog, kita dapat mengetahui manfaat blog dalam pembelajaran yaitu sebagai:

1.     Alat  bantu  untuk  memasukkan bahan ajar dan meningkatkan pemahaman siswa  pada  saat  guru  menyampaikan pelajaran. Dalam hal ini media digunakan guru sebagai alat bantu penjelasan verbal mengenai materi pembelajaran.

2.     Alat  untuk  mengangkat  atau  menimbulkan  persoalan  untuk  dikaji  lebih  lanjut  dan dipecahkan oleh para peserta didik dalam proses belajarnya. Paling tidak guru dapat menempatkan media sebagai bahan pengamatan dan sumber pertanyaan atau stimulasi belajar peserta didik.

Evaluasi

Sebagaimana lazimnya suatu program yang berkaitan dengan pembelajaran, pengelolaan blog sebagai media pembelajaran ini juga perlu dilakukan monitoring dan evaluasi secara terus-menerus dan berkesinambungan. Hal ini perlu dilakukan mengingat pentingnya penggunaan teknologi dalam mengembangkan pengetahuan faktual dan keterampilan proses. 

Monitoring bertujuan untuk mengetahui perkembangan pengelolaan dan pemanfaatan blog guru, apakah sesuai dengan yang direncanakan atau tidak, sejauh mana kendala dan hambatan ditemui, dan bagaimana upaya-upaya yang sudah dan harus ditempuh untuk mengatasi kendala dan hambatan yang muncul selama pelaksanaan kegiatan pembelajaran menggunakan media blog. Monitoring sekurang-kurangnya dilaksanakan satu kali dalam satu tahun oleh pihak sekolah dan Pengawas Sekolah/Pengawas Mata Pelajaran.

Kegiatan evaluasi pada dasarnya adalah untuk mengetahui tingkat keberhasilan yang dicapai oleh guru dalam menggunakan media blog. Kegiatan evaluasi ini dilakukan pada waktu akhir tahun kegiatan/akhir tahun ajaran.

Pemilihan blog sebagai media pembelajaran harus disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan berdasarkan efektifitasnya. Blog  yang  dibuat  harus  disesuaikan  dengan  silabus,  rencana  pembelajaran  dan pendekatan saintifik.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan blog sebagai media pembelajaran antara lain adalah: karakteristik peserta didik, integrasi pendidikan karakter, dan ketersediaan internet. Pembuatan dan pengembangan blog sebagai media pembelajaran   dapat   disusun   berdasarkan   mata   pelajaran,   kelas/semester, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, cara pembuatan, dan cara penggunaan blog yang telah dibuat.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar